Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Corona

Anjuran Pemerintah untuk social distancing atau menjaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran virus corona membuat beberapa orang untuk tetap dirumah aja. Situasi ini membuat aktivitas berubah, tidak ada lagi perjalanan panjang ke arah kantor, tidak ada janji rapat di luar kantor, semua pekerjaan dijalankan dari rumah. Beberapa orang merasa jenuh, belum juga tiap hari kabar paling baru berkaitan Covid-19 semakin membuat stres serta kuatir. Pada waktu seperti ini, seringkali makanan jadi langkah untuk menangani stres. Makanan manis seolah jadi penghibur hati. Belum juga banyak resto atau penjual makanan yang tawarkan diskon selama saat isolasi ini. Walau sebenarnya, pola hidup yang menimbulkan obesitas, diabetes, serta sindrom metabolik dapat jadi memperburuk respons kekuatan tubuh. Ditengah-tengah pandemi corona saat ini, penting untuk memperhatikan kesehatan, salah satu caranya yaitu mengontrol daya tahan tubuh. Ada tujuh tips menjaga kesehatan yang perlu dikerjakan untuk mengontrol tubuh masih sehat ditengah-tengah pandemi virus corona:

  1. Hidari Junk Food
    Dalam masa isolasi diri atau serta disaat beberapa Negara putuskan untuk lockdown ditengah-tengah pandemi corona, beberapa orang pilih makanan instan untuk dibeli dalam jumlah banyak. Biasanya, makanan instan jadi pilihan sebab lebih bertahan lama. Tetapi, makanan instan bukan makanan yang bagus untuk jaga atau tingkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan pendapat dari Dr. Hansaji Yogendra yang merupakan seorang guru yoga memberikan saran untuk setiap orang hindari jenis makanan olahan dan juga makanan beku, karena dari makanan tersebut bisa mengakibatkan beberapa penyakit serius yang bisa mencelakakan kekebalan tubuh.
  2. Jauhi Mengonsumsi Minuman Tidak Sehat
    Saat isolasi dan tidak dapat berjumpa beberapa orang dapat menyebabkan stres serta kegelisahan. Jangan jadikan situasi ini sebagai faktor untuk konsumsi alkohol terlalu berlebih, bila tidak ingin kesehatanmu terganggu. Begitu juga buat beberapa pencinta kopi serta teh. Kebanyakan konsumsi cafein bisa mengakibatkan kegelisahan, susah tidur, serta diare.
  3. Jauhi Makanan Manis
    Kita mungkin berasumsi, bahwa dengan konsumsi makanan manis bukan persoalan besar, tetapi kenyataannya makanan tinggi gula bisa berefek negatif pada kesehatan tubuh. Mengonsumsi gula yang berlebihan bisa tingkatkan kecemasan sampai kematian dini, dan menekan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, bukannya mengenyangkan, konsumsi makanan tinggi gula malah bisa merangsang lapar bertambah cepat. Pilih cemilan yang sehat serta mengenyangkan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong rebus, atau buah-buahan rendah gula/ Yang penting, pastikan kamu konsumsi makanan berkualitas dengan jumlah yang pas.
  4. Mengonsumsi Vitamin C
    Vitamin C bisa menolong tingkatkan kebal badan dengan merangsang produksi sel darah putih membuat perlindungan tubuh dari infeksi atau resiko penyakit. Disamping itu, anti-oksidan dalam vitamin C bisa menolong tingkatkan stamina badan keseluruhannya untuk menahan cepat depresi serta kelelahan.
  5. Jangan Malas Bergerak
    Tidak apa-apa bila pada keadaan ini kamu tidak dapat ke gym atau lari di luar. Kamu bisa lakukan zumba atau squat, burpees, push-up, serta latihan beban tubuh yang lain di dalam rumah dengan menyaksikan panduan. Disamping itu, kamu bersihkan rumah dengan teratur serta menjaga tanaman, supaya badan tetap bergerak. Jangan pasrah serta tetap dapatkan langkah untuk mempertahankan kesehatan sebaik-baiknya.
  6. Istirahat Yang Cukup
    Tidur mempunyai jalinan yang begitu erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup jadi satu diantara langkah supaya regulasi sistem imun masih terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan turunkan sistem imun. Kurang tidur dapat membuat seorang rawan terkena bakteri, seperti sebab berkurangnya proliferasi limfosit sebagai sisi dari sistem imun. Disamping itu, badan melepas semacam protein yang disebutkan sitokin cuma waktu kita tidur. Sitokin berperanan penting dalam sistem imun manusia. Untuk penuhi keperluan tidur Anda, National Sleep Foundation mengatakan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimum 6-9 jam dalam satu hari.
  7. Hindari Stress
    Meluangkan waktu untuk membaca buku, menonton video dan bermain game merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari stress.

Baca Juga: Tips Menjadi Streamer Dota 2

Itulah 7 tips untuk menjaga kesehatan tubuh kalian selama pandemi covid-19. Semoga bisa diterapkan dirumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *