Ide Startup Unik dari Seluruh Dunia Pilihan Tech in Asia Indonesia

Di sepanjang tahun ini tim dari editorial Tech in Asia Indonesia menemukan banyak ide startup di dunia yang cukup menarik perhatian. Startup ini menyediakan berbagai layanan, mulai dari transportasi, media, kesehatan, hingga bagi kalian yang hobi minum teh bisa mencoba memulai bisnisnya.

Jika temen-temen ingin memulai bisnis startup di tahun ini, ide unik dari startup dunia berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasimu untuk merintis bisnis yang tak kalah unik dan bermanfaat. Berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. YOLO Health

yolo health

sumber foto: guardian.ng

Pemeriksaan kesehatan seringkali menjadi sebuah aktivitas yang menyulitkan, bahkan mahal, terutama bagi para masyarakat di daerah pedesaan. Hal itulah yang mendorong sebuah startup India bernama YOLO Health untuk menghadirkan mesin pemeriksaan kesehatan otomatis di berbagai daerah.

Kamu hanya perlu mengikuti perintah-perintah yang diberikan, serupa ketika kamu tengah menggunakan mesin ATM untuk mengambil uang. Dengan mesin tersebut, kamu bisa memeriksakan berbagai hal, mulai dari tekanan darah, kandungan gula dalam darah, hingga memeriksa kelainan yang muncul di kulit kamu. Apabila ada hal yang perlu kamu ketahui lebih lanjut, mesin YOLO Health juga bisa menghubungkan kamu dengan seorang dokter lewat layanan video call.

Sejak awal tahun 2016, YOLO Health telah memasang sekitar tujuh mesin pemeriksaan kesehatan tersebut di berbagai kota. Menurut saya konsep ini sangat unik karena hampir tidak ada yang pernah memikirkan ide ini sebelumnya. Dan ternyata, ide ini benar-benar bisa membantu masyarakat.

Tak hanya itu, nama YOLO Health sendiri merupakan hal yang menarik. Nama tersebut diambil dari istilah “You Only Live Once” (kamu hanya hidup sekali), yang biasanya diucapkan seseorang yang akan melakukan hal berbahaya demi merasakan pengalaman yang menyenangkan.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang YOLO Health? Kunjungi situs resminya https://yolohealth.in/

2. Skunklock

skunlock

sumber foto: edition.cnn.com

Banyak pengendara sepeda yang sudah merasa aman ketika memarkir sepeda mereka di tempat umum dengan sebuah kunci gembok. Namun penggunaan kunci gembok ternyata tidak menjamin kalau sepeda kamu akan benar-benar aman dari tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa rekaman video CCTV membuktikan kalau para pencuri ternyata bisa memotong gembok sepeda dengan alat pemotong besi. Dan untuk melakukan hal itu, mereka hanya butuh waktu sekitar 30 detik.

Tentu dengan adanya kejadian tersebut muncul lah ide atau inspirasi daru Skunlock untuk menciptakan sebuah gembok sepeda yang bisa melawan para pencuri. Bagaimana cara gembok ini bekerja? Caranya adalah gembok yang dibuat oleh skunlock bisa mengeluarkan cairan racun apabila gembok tersebut sengaja dipotong.

Meski ide Skunklock ini terdengar begitu berbahaya dan “gila”, namun, menurut saya, solusi yang mereka hadirkan menjadi menarik karena bisa menjadi solusi agar para pengendara bisa memarkir kendaraan mereka dengan tenang tanpa takut dicuri orang.

Untuk mendapatkan gembok Skunklock tersebut, kamu bisa mengunjungi situs resmi mereka di https://www.skunklock.com/

3. Teabox

teabox

sumber foto: blog.teabox.com

Sebagai peminum teh, startup asal India ini cukup menarik perhatian saya. TeaBox, startup yang bergerak di bidang distribusi dan penjualan teh berkualitas secara online ini mencoba berinovasi di industri bernilai miliaran dolar ini.

Teabox didirikan oleh Kaushal Dugar, seorang pemuda yang berasal dari keluarga yang telah berkecimpung di bisnis teh selama delapan puluh tahun. Sedari kecil, Dugar telah meminum berbagai macam teh terbaik di dunia, hingga suatu saat terbesit di benaknya untuk membawa bisnis ini ke ranah online.

Teabox menawarkan berbagai jasa, salah satunya adalah jasa pengiriman daun teh terbaik dari ratusan petani India dan Nepal ke 95 negara di seluruh dunia. Teabox juga menyediakan TeaPacs, yaitu teh premium yang dikemas dengan kantong teh siap seduh yang menyasar pasar masyarakat umum.

Meski produksi teh Indonesia masih jauh di bawah India, negara kita merupakan salah satu produsen terbesar dan terbaik di dunia. Dengan demikian, potensi startup yang hendak bermain di industri ini masih cukup besar.

Jika kamu ingin mencicipi teh berkualitas asal Asia Selatan, langsung saja kunjungi situs Teabox https://www.teabox.com/

4. Isitup

Isitup

sumber foto: Isitup.com

Mengatur aset kantor untuk kebutuhan audit dan sebagainya merupakan momok yang merepotkan bagi setiap perusahaan. Hal tersebut mungkin sepele bagi startup kecil yang baru memulai perjalanannya. Namun saat startup tersebut tumbuh besar, kendala ini akan muncul dengan sendirinya.

Di sinilah kegunaan dari jasa yang ditawarkan oleh startup asal Malaysia ini. Dengan mengandalkan layanan cloud, Isitup akan membantu perusahaan mengatur dan mendata semua aset tetap yang di punyai oleh perusahaan tersebut. Setiap aset akan di sesuaikan kembali dengan RFID dan QR Code untuk memudahkan pendataan kembali.

Tidak hanya itu saja, tiap aset akan memiliki data yang lebih detail, seperti kapan aset tersebut dibeli, dan siapa yang bertanggung jawab atas sebuah aset, dan sebagainya. Kemudahan yang ditawarkan akan meringkankan beban bagian administrasi umumnya kesulitan melakukan pendataan aset.

Menurut saya, pertumbuhan startup yang pesat membuat layanan pendataan aset kantor ini sangat dibutuhkan di Indonesia sendiri, cepat atau lambat.

Kunjungi situs Isitup https://isitup.com/ untuk melihat lebih detail tentang keunggulan layanan yang ditawarkannya

5. Cheddar

cheddar

sumber foto: cheddar.com/

Jika kamu perhatikan, belakangan banyak sekali media online bermunculan dengan target generasi millennial. Dan, jika kamu perhatikan lagi lebih jauh, media ini menyuguhkan konten yang nyaris serupa: percintaan, humor, tip kecantikan dan kesehatan, fakta unik, fesyen, dan gosip. Konten yang disajikan juga menggunakan judul clickbait agar pembaca tertarik membuka tautan berita. Trik ini banyak digunakan demi mengantongi traffic yang tinggi.

Apakah yang dilakukan media adalah hal yang salah? Tidak juga. Tapi, jika kamu bosan dengan konten di media online yang itu-itu saja, mungkin ini saatnya kamu melirik Cheddar.

Cheddar merupakan startup media besutan Jon Steinberg, mantan presiden Buzzfeed dan CEO Daily Mail untuk Amerika Serikat. Cheddar menyajikan konten berformat video sama seperti sejumlah media lain. Bedanya, Cheddar menyasar generasi millennial yang tertarik dengan bisnis.

Jika kamu mengakses web Cheddar, kamu akan menemukan video seputar bagaimana Starbucks memperlebar bisnisnya dan menggunakan teknologi baru, rencana monetisasi Tinder, dan sepak terjang bisnis perusahaan dan startup dunia lainnya. Bahkan, kepada Business Insider, Cheddar mengatakan pihaknya menyiarkan konten siaran langsung selama satu hingga dua jam setiap hari dari lantai bursa New York Stock Exchange.

Kejelian Cheddar menangkap pasar niche di tengah persaingan media saat ini patut diacungi jempol. Ia berani tampil beda dari banyak pemain. Ini adalah alasan utama saya memasukkan Cheddar ke dalam daftar ini. Selain itu, konten yang ditampilkan pun cukup dalam dan insightful—sangat baik untuk jadi bekal pengetahuan bagi millennial agar tak melulu “sibuk” dengan fesyen dan mantan.

Ingin mendapat insight bisnis? Kamu bisa mengakses situs Cheddar https://cheddar.com/

Itulah kelima ide startup dunia menarik versi editorial Tech in Asia Indonesia.

Sumber : id.techinasia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *