10 Panduan Mengirit Baterai Handphone

Merasakan baterai hp mati mendadak benar-benar keadaan yang tidak menyenangkan, ditambah lagi ketika kita sedang perlu hp supaya bisa tersambung dengan teman kerja, saudara bahkan juga keluarga. Berikut ini kami akan memberikan panduan mengirit baterai hp banyak triknya. Tetapi langkah yang tidak tepat pasti tidak menguras baterai hp. Berikut panduan supaya baterai hp irit di antaranya sebagai berikut :

1. Matikan fitur getar
Fitur getar seharusnya dimatikan sebab getaran hp mengisap daya baterai. Fitur getar memang menolong untuk memberitahu pemakai jika ada pemberitahuan, tetapi supaya hp berumur panjang lebih bagus fitur getar ini dimatikan.

Getaran waktu Anda mengetuk tombol (haptic feedback) seharusnya dimatikan.

2. Matikan pelayanan tempat untuk aplikasi (GPS)
Beberapa aplikasi yang diinstal di hp (Android / iOS) terus mencari tempat hp kita. Kita kemungkinan tidak mau mematikannya waktu memakai Google Maps, Gojek, Grab, sampai WhatsApp.

Tetapi, aktifkan GPS selama seharian waktu tidak membutuhkan pencarian tempat cuman akan habiskan baterai. Langkah ini efisien untuk untuk mengirit baterai hp.

3. Turunkan tingkat kecemerlangan monitor
Langkah ini adalah cara yang termudah dikerjakan. Untuk info, makin tinggi tingkat kecemerlangan layar, makin terserap juga daya baterai. Oleh karenanya, dianjurkan customer untuk kurangi tingkat kecemerlangan layar supaya hp dapat bertahan semakin lama.

4. Tutup semua aplikasi yang tidak dipakai
Pemakai hp memang terlatih tidak tutup aplikasi yang tidak dipakai. Walau sebenarnya aplikasi yang tidak dipakai itu terus berjalan di sistem hp hingga kuras baterai hp.

Multi-tasking memang mempermudah pemakai untuk berubah-ubah aplikasi secara cepat. Tetap, dianjurkan pemakai hp harus rajin tutup aplikasi yang tidak digunakan untuk mengirit baterai.

5. Matikan automatic sync
Dikutip dari Tech Radars, fitur automatic sync adalah fitur untuk menyesuaikan informasi di hp ke akun e-mail yang didaftarkan di hp android. Saat simpan kontak baru di hp, makan nomor itu akan tersimpan di akun e-mail.

Tentunya fitur ini cukup kuras baterai. Lebih bagus dimatikan untuk jaga ketahanan baterai. Pemakai dapat mematikan fitur automatic sync dibagian setting.

6. Matikan NFC, WiFi, serta bluetooth
Sebaiknya untuk sinyal radio seperti NFC, Wifi ataupun bluetooth di matikan saja pada saat kalian tidak menggunakannya. Memang betul bahwa NFC cukup bermanfaat untuk beberapa hal, diantaranya ialah isi uang digital (e-money). Wifi bermanfaat untuk aktifkan pribadi hotspot atau untuk terhubung ke WiFi.

7. Pakai wallpaper hitam yang tidak beranimasi
Dikutip dari Digital Trend, umumnya pemakai menyenangi wallpaper beranimasi. Wallpaper ini cantik di mata, tetapi rupanya menguras daya baterai. Dianjurkan memakai wallpaper yang tidak beranimasi serta hitam

Di fitur Android dengan monitor AMOLED, wallpaper hitam atau gelap mengirit periode gunakan baterai sebab monitor memakai energi untuk cuman menerangi piksel memiliki warna. Pixel hitam tidak berpijar serta memerlukan semakin sedikit daya untuk menjaga gambar.

8. Aktifkan fitur power saving
Fitur power saving membuat pemakai dapat mengirit baterai dengan signifikan. Masalahnya fitur ini meminimalkan perform hp. Berita jeleknya, beberapa aplikasi dapat berjalan bertambah lambat saat aktifkan fitur ini.

Umumnya, hp android dengan automatis akan aktifkan fitur ini saat baterai memperlihatkan posisi 15 %.

9. Matikan lampu pemberitahuan serta mute pemberitahuan
Lampu pemberitahuan menguras daya baterai. Lampu lebih bagus dimatikan sebab tidak diperlukan. Suara pemberitahuan lebih bagus tidak diaktifkan supaya bertambah mengirit baterai.

Mematikan lampu serta suara pemberitahuan memang membuat Anda dapat melepaskan pesan penting. Tetapi pasti hentikan bombardir pemberitahuan WhatsApp dapat memudahkan konsumsi baterai.

10. Ganti jaringan dari 4G jadi 3G
Jaringan 4G di sejumlah titik masih kurang dibanding 3G. Ini karena cakupan jaringan 3G yang makin luas dibanding 4G.

Bila kualitas signal 4G loyo, karena itu hp android akan kerja bertambah keras untuk cari signal. Ini akan menyerap daya baterai semakin besar. Maka dari itu jika baterai hp kalian ingin irit sebaiknya aktifkan jaringan 3G jika jaringan pada 4G sangat lemah di tempat kalian.

Lihat Juga : Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kecanduan Judi Online

Sekian informasi dari saya mengenai panduan mengirit baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *